Makanan Khas Labuan Bajo Komodo Flores

Makanan khas Labuan Bajo Komodo yang harus kamu coba

 

Makanan khas Labuan bajo menjadi incaran para wisatan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Komodo Flores Nusa tenggara Timur Indonesia. Makanan khas ala Labuan Bajo ini sering menjadi menu favorit yang dihidangkan oleh wisatawan asing maupung wisatan Domestik.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa daftar makanan khas yang harus dicoba di Labuan Bajo, Komodo Flores.

 

Kolo  (Nasi Bambu)

 

Nasi Bambu yang disebut Kolo dalam bahasa Manggarai merupakan masakan khas Labuan Bajo yang terbuat dari beras yang dimasukan ke dalam bambu  lalu dibakar di api hingga masak,

Kolo ini memiliki cita rasa yang khas karena kombinasi wangi dari bambu dan nasi memiliki rasa yang khas dan menggugah hati untuk makan dengan porsi yang banyak. Kolo ini lebih enak dimakan jika dicampur dengan beberapa  adonan bumbu kunyit , kelapa dan beberapa adonan lain yang.

Biasanya masyarakat setempat memakan makanan khas ini pada saat upacara adat berlangsung seperti upacara Tahun Baru, Upacara Kalok ( Pembukaan Kebun Baru), dan pada saat upacara syukuran.

 

Nasi Jagung

 

Sebagian besar Penduduk Flores termasuk Labuan Bajo bermata pencaharian utamanya merupakan bertani. Menanam Jagung merupakan salah satu jenis pertanian orang Flores. Orang Flores memakan jagung sebagai salah satu menu sarapan pagi khususnya kaum petani. Selain jagung dibakar dan dimasak terpisah dari makanan lain namun orang flores juga memasak jagung yang telah ditumbuk dengan lesung dan palung bercampur dengan beras yang disebut sebagai Nasi Jagung.

Oleh karena itu, Nasi jagung merupakan makanan khas orang Labuan Bajo. Kombinasi antara manisnya jagung dan beras memiliki cita rasa tersendiri. Selain Nasi jagung mengenyangkan tubuh kita, nasi jagung jagung juga sebagai makanan obat bagi penderita Diabetes.

 

Jagung Bose

 

Jagung Bose merupakan salah satu makanan khas ala Labuan Bajo. Jagung Bose murapakan makanan khas yang merupakan kombinsi antara Jagung , Kacang Merah, Kelapa dan beberapa bumbu lain ala orang lokal.

Kombinasi ini yang membuat Jagung dan beberapa adonan perasa lain membuat Jagung menjadi Makanan incaran Para Wisatan Lokal yang berkunjung ke Labuan bajo.

Rebok

 

Rebok adalah Salah satu makanan Khas Lokal yang Populer di Kalangan Masyarakat Manggarai. Bahkan rebok ini merupakan salah satu oleh – oleh yang dibawa pulang oleh wisatawan.

Rebok merupakan salah satu makanan olahan jagung yang mana jagung ditumbuk dengan menggunakan lesung dan palung setelah jagung di goreng. Rebok itu lebih enak apabila ditambah dengan gula merah dan kelapa dan beberapa adonan ala masyarakat lokal

Baca Juga Tips Wisata ke Pulau Komodo, Labuan Bajo